Tips paling tepat sebelum memilih kitchen set 

Kitchen setDapur Adalah salah satu ruangan yang penting di dalam rumah. Mungkin yang kita ketahui selama ini fungsi ruangan ini adalah sebagai tempat kegiatan masak-memasak, tetapi sebenarnya fungsi dari ruang dapur bisa dikategorikan berdasarkan jenisnya.

Ada 2 macam dapur yaitu dapur kering dan dapur basah.

Dapur basah atau juga biasa disebut dapur kotor, adalah jenis dapur di mana kegiatan masak-memasak, kegiatan-kegiatan berat dilakukan.

Pekerjaan berat itu misalnya adalah proses memasak yang melibatkan banyak sekali bahan mentah, mulai dari bumbu-bumbuan, makanan mentah, dan lain sebagainya, hingga mereka siap dihidangkan.

Sementara dapur kering, atau ini sebenarnya adalah pantry, berfungsi sebagai tempat untuk memproses makanan yang cenderung mudah dan bisa cepat disajikan. Seperti menyiapkan sereal atau roti bakar untuk sarapan pagi. Lain daripada itu, dapur kering pun biasa digunakan sebagai tempat untuk menikmati hidangan-hidangan ringan.

Bagi sebagian orang, desain dapur mungkin bukanlah sesuatu yang penting. Namun tahukah Anda, bahwa seperti ruangan-ruangan lainnya, desain serta kondisi dapur di rumah dapat mencerminkan kepribadian pemiliknya.

Maka dari itu, sebaiknya dapur didesain dan ditata sedemikian rupa agar tetap fungsional sekaligus juga menarik secara visual.

Kitchen set membuat ruang dapur tertata rapi. Selain itu, dengan bentuk dan modelnya yang beragam, bisa menjadikan dapur terlihat lebih menarik, secara visual tentu saja.

Nah, oleh sebab itu, memilih kitchen set juga tidak bisa dilakukan sembarang. Ada beberapa trik bagaimana memilih yang tepat untuk ruang dapur Anda.

Baca Juga : 5 Inspirasi Desain Dapur Minimalis Terunik

Perhatikan beberapa hal penting sebagai berikut

1.Tentukan Ukuran

Pertama, adalah soal ukuran.

Wajib hukumnya untuk menyesuaikan luasan dapur dan ukuran  yang akan digunakan. Inilah alasan kenapa desain kustom sangat direkomendasikan. Harus ada keseimbangan di antara keduanya.

Kitchen set kustom akan memberikan ruang dapur Anda sangat fungsional sekaligus menarik.

Ingat, ruangan yang terlihat menarik bisa memberikan energi positif. Apalagi dapur adalah jantungnya rumah.

2. Memilih Model dan Bentuk / Desain

Selanjutnya adalah memilih model bentuk, atau desain kitchen set.

Perlu Anda ketahui terdapat beberapa model di pasaran seperti kitchen set berbentuk U ataupun L. Tergantung dari jenis dan ukuran dapur juga.

Seperti halnya ruangan lain di dalam rumah, dapur sebaiknya dirancang atau didekorasi dengan tema tertentu. Pastikan juga bisa sesuai dengan tema interior dapur.

Namun, jika ada rekomendasi terbaik mengenai desain interior dapur, terutama melibatkan pemilihan model kitchen set, pilihlah tema minimalis. Dengan seperti itu, dapur akan tetap terlihat simpel, fungsional, sekaligus juga gaya.

3. Material atau Bahan

Ada banyak sekali kitchen set yang ditawarkan di pasaran. Ini juga tergantung dari material yang digunakannya. Semakin berkualitas bahan yang digunakan, semakin mahal harganya tersebut.

Alumunium, kayu solid, papan partikel, plywood, dan lainnya sering digunakan sebagai material utama kitchen set. Anda bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan. Terutama sekali ketersediaan bujet.

Rekomendasi material ini adalah yang berbahan dasar kayu solid. Bahan ini bisa dipastikan memiliki tingkat keawetan lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang berbahan papan partikel. Namun, mayoritas kitchen set juga banyak yang menggunakan plywood yang dilapisi oleh multipleks atau HPL (High Pressure Laminate) dalam proses finishingnya.

Jika mempunyai bujet lebih, Anda bisa memilih kitchen set dengan counter serta backsplash berbahan marmer. Kitchen set ini bisa menampilkan kesan mewah dan stylish ke dalam ruang dapur Anda.

4. Warna Cat

Pemilihan warna untuk sebuah ruangan adalah sesuatu yang menyenangkan. Tidak terkecuali untuk ruang dapur.

Warna memiliki pengaruh terhadap psikologi seseorang, sehingga warna cat interior juga mesti memperhatikan hal tersebut.

Pilih palet warna yang sesuai dengan tema interior dapur rumah Anda. Usahakan memilih warna-warna cerah yang dapat melahirkan ilusi ruangan terlihat lebih luas. Warna putih adalah salah satu pilihan terbaik karena ia mudah dikombinasikan dengan warna-warna lain yang Anda suka.

5. Cermat dalam Penataan Furnitur

Ini tips terakhir yang harus benar-benar Anda pertimbangkan.

Sebelum memilih, sebaiknya Anda juga membuat daftar perabotan dan atau peralatan dapur apa saja yang akan Anda gunakan di dapur Anda. Model dan bentuk kitchen set harus mengikuti kebutuhan tersebut.

Penataan perabotan, terutama di ruang dapur akan menentukan seberapa terkoordinasinya ruangan tersebut. Dan dengan seperti itu, ruang dapur akan mudah untuk dibersihkan, ditata ulang, terutama saat Anda sedang tidak menggunakannya.

Nah itulah tips sebelum memilih kichen set. Semoga bemanfaat bagi anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.